Cara Mengembang Biakkan Ikan Cupang

Pada saat ini ikan cupang sedang sangat hits di kalangan masyarakat Indonesia . Ikan cupang memiliki banyak sekaliĀ  jenis dan tentunya memiliki paras yang indah . Bukan hanya indah ikan cupang juga memiliki harga yang sangat fantastis .

Dan banyak sekali yang memelihara ikan cupang dan menjadikannya sebagai hobi . Karena parasnya yang indah dan memiliki warna yang berbagai macam .

walaupun banyak yang memlihara cupang tapi ada juga sebagian orang yang tidak tahu bagaimana cara untuk membudidayakan ikan cupang . Untuk mengawinkan ikan cupang sangatlah mudah . Walaupun sangat mudah tetapi butuh kesabaran dan ketelitian untuk membudidayakan ikan tersebut.

Untuk itu saa akan memberikan beberapa tips kepada kalian semua cara untuk mengawinkan ikan cupang.

  1. Seleksi
    Untuk mengawinkan ikan cupang anda harus melakukan penyeleksian ikan cupang yang ingin anda kawinkan . Hal yang perlu anda perhatikan untuk proses penyeleksian adalah Pilihlan ikan yang berusia meinimal 16 tahun ke atas dan tidak lebih dari 14 bulan . Pilihlah ikan yang memiliki ukuran yang sama dan memiliki warna yang cerah dan usahkan tidak memiliki kecatatan atau penyakit pada ikan tersebut .
    Ikan yang bisa anda kawinkan biasa memiliki tanda seperti munculkan gelembung udara pada ikan jantan . Dan pada ikan betina pada bintik bintik di perut mulai terlihat gendut . Itulah tanda ikan anda siap untuk di kawinkan .
  2. Siapkan Wadah
    siapkanlah wadah yang agak luas seperti ember agar proses pengawinan ikan tersebut lebih leluasa . Dan pada saat proses pengawinan tidak boleh menukar air yang anda gunakan . Gunakanlah air yang bersih yang sudah diendapkan di kedalaman 10 hingga 15 cm supaya suhu air di dasar tidak terlalu dingin . Dan jangan lupa untuk menaruk tanaman air yang mengapung yang bertujuan untuk menaruk telur .
  3. Tahap Melakukan Proses Pengawinan
    Hal yang harus anda lakukan andalah proses pengenalan ikan cupang yaitu dengan cara meletakkan ikan di sisi yang berlawanan dengan anda memisahkan wadah antar cupang betina dan jantan yang ada di satu wadah . dan diamkan beberapa hari jika dalam 1 wadah tersebut tidak terjadi perkelahian maka ikan sudah boleh di satukan .
    Setelah di satukan amatailah perilaku ikan cupang jika ikan jantan berenang memamerkan siripnya pada cupang betina berarti siap untuk kawin dan sang betina biasanya akan memamerkan garis vertikal pada tubuhnya .Itulah tips awal yang perlu anda ketahui untuk mengawinkan ikan cupang .